28 September 2013

Belajar Membuat Line Art Sederhana

Hallo!!
Ah, gue nge-post lagi nih, man-cemans. 

   Masih seputar art-work/gambar gambar-an gitu. Kali ini, gue mau memberi tahu hal apa yang gue dapat selama gue belajar dengan giatnya menggambar menggunakan digital. 


   1. Pandai

  Pandai adalah suatu kegiatan dalam bentuk apapun, yang dapat dilakukan. Jika tidak, berarti itu tidak pandai. Masalahnya disini, gue gak lagi membahas apa itu "pandai" dan gue rasa penjelasan gue tentang "pandai" gak se-mengerti-nya kalian. Jadi abaikan pembahasan "pandai" tadi. Yang penting, karena belajar, gue pandai dan setau gue, pandai itu berbeda dengan "ahli" Apa mau gue jelaskan apa itu "Ahli" ? Gak usahlah, ribet.

  2. Pulsa

  Beberapa orang menghargai gambar yang tak seberapa imutnya dengan pulsa. HAHAHAHA padahal gambar gambar itu hasil jimplak dari photo photo mereka sendiri. HAHAHAHAHAHAHAH 
 3. Kenangan

   Biarrriiiiiiiin!!!! Gue emang cowok yang susah moveon kok. Tunggu! Ini bukan masalah "itu" ini masalah "Hobby" Tahukah kalian kalau tempe itu dari kedelai juga? Bukan! Eh, emang iya dari kedelai, tapi bukan itu maksud gue! Maksud gue, perlu kalian ketahui, gue ini hobby banget dulu menggambar. Tepatnya dari bangku TK sampai gue tamat SD. Masuk SMP gue kekurangan sarana buat menggambar, jadi hooby itu berhenti sejenak. Setelah "kini" gue dapat lagi sarana baru buat nyalurin hobby gue, dan terlebih gak lagi harus nge-habis-in banyak kertas (Rambun Cinta Hutan). Ya, sarana itu adalah digital painting. Bisa juga Mak atau Bapak gue bilang menggambar pakai komputer. Gue menggambar pakai Paintool Sai. Dan mewarnainya juga pakai Software yang tak begitu memakan kapasitas memori HDD gue. (ya, gue harus berhemat menggunakan HDD, demi segudang folder yang isinya anime, kebanyakan. Dan ini tidaklah penting). Karena mungkin gue salah satu dari minoritas kaum penganut paham digital painting yang gak bisa pakai Photoshop (sedih)






   Btw, gue nulis udah kayak mau bikin makalah buat dikumpulin besok lusa aja. ohya, belakangan gue banyak dapat saran buat ngebikinin tutorial untuk gambar versi gue ini. Berhubungan gue ini orang yang otodidak dalam masalah ini #Halah jadi gue gak begitu paham dengan cara "mengajari" 


  Tapi gue ada sedikit petunjuk nih, bagaimana gue belajar. Awalnya gue ngeliat blog blog nya art worker kayak xinnosuke.com. Mereka pada jago jago gambarnya dan punya ciri khas masing masing di setiap gambar mereka. Gue pikir gue harus bisa juga bikin gambar keren, ya setidaknya punya ciri khas sendiri lah~
pertamakali, gue menggambar bukan dari imajinasi gue sendiri dan ini membuktikan "dalam menggambar imajinasi emang paling penting, tetapi untuk mereka yang belum punya banyak imajinasi bisa dilatih dengan cara .. Menjiplak

  Menjiplak itu sah menurut gue kalau cuma untuk hal yang positif seperti belajar. Bukannya menjiplak dan mengakui kalau gambar itu milik imajinasi punyamu. Betapa rendahnya kau kisanak! Jadikanlah hasil jiplakan itu untuk belajar, jangan di aku-akui milik kita (sekali lagi gue bilang kayak gitu, mungkin bisa dapat piring cantik) 

Nah, ini dia menjiplak gambar (UNTUK BELAJAR!!!) versi gue menggunakan Paintool Sai.. 



Langkah Awal

  Gue rasa langkah ini kalian udah pada tau "File-Open Folder-Ambil File"





Pengerjaan


  Gue rasa gak ada masalah sama yang pertama. Lalu lanjut dengan;

Kurangi "Opacitu" pada layer 1 agar menggunakan line art tidak ada kesulitan akibat terangnya warna gambar asli.

 Lalu, klik "Curve" dan buatlah garis/line sesuai garis bentuk pada gambar asli.




Sampai Line-art selesai, dan siap diwarnai seperti ini!

 


Ini hasil akhirnya ! 

Bintang - Member Kancut Keblenger (Perjakancut)

  Itu tadi gambar gambar yang menurut gue dengan skill yang sedikit bertambah. HAHAHA
Jika ingin melihat gambar petama kali gue menjiplak. coba ke artikel gue sebelumnya [KLIK DISINI]

Dan ini gambar gue yang paling anget (paling baru untuk saat ini, saat postingan ini diluncurkan, halah)


Ayu - Member Kancut Keblenger (Perawancut)


SEMANGAT, SELAMAT BELAJAR!! INGAT INI UNTUK BELAJAR!! SEMOGA gue SUKSES MAJU JAYA!! 

Wassalam.

Pengikut BEGO-BLOG