2 Oktober 2012

Penggalauan Dari Minang

Nan Takana di 'UTAK' itu Nan Basabuik'an

'Quote ini penting'
tapi ada benarnya kan ?


 

  Oiii .. Uda, Uni, Adiak, Abak, jo Amak, dan Dunsanak dimapun kalian kini ...... Ini hanya sepatah kata dari gue dalam bahasa minang. Sebagai keturunan asli ranah minang guemau mengenalkan pergaulan dari sana (?) ya gue bukan berada di garis besar partai minang, gue di pekanbaru, tapi kota ini juga bisa di sebut dari anak pianak dari sumatera barat . Kenapa ? Karena sebagian besar penduduk Pekanbaru adalah asli keturunan minang, dan bahkan bahasa pokok kami (warga Pekanbaru) menggunakan bahasa minang.

  Di sini gue mau menceritakan kehidupan aneh dan unik yg hanya bisa di temukan orang minang di antaranya
  •  Dimanapun mereka lahir, Sumbar tetap jadi kampung mereka (Kami)
Kenapa ? Jadi begini ..., Gue punya besanan, atau keluarga abang ipar gue yg siklus kehidupannya sungguh aneh (?) Maksudnya gini. Abang ipar gue lahir di pekanbaru, nyokab-bokap-nya juga lahir di pekanbaru, bahkan kakek-nenek-nya juga asli orang pekanbaru. Tapi, ketika seseorang bertanya kepadanya Di ma kampuang ang yuang ? - Di mana kampung lo, Bro ? mereka dengan fasih akan menjawab Di Pikumbuah da - Di payakumbuh bang (atau dimanapun salah-satu nama kampung di Sumbar).
  • Orang tidak memiliki wajah(rupa) yang khas
Sekarang kalian lihat ini :


Bagai mana menurut kalian ? yg nomor 1 dari atas sebelah kiri itu namanya Welni - Mirip paras orang Sumatera Selatan/Aceh bukan ? Liat sebelahnya, kakak pertama gue, Angga mirip orang cina bukan ? lalu liat adik gue, Iib sekilas ia memiliki paras orang jawa, trus liat nyokab gue, kalau gue perhatiin sih  mirip² orang bali gitu. Lalu next lanjut. Ini gue, menurut kalian gue mirip orang apa yaaaaak ?

  • DeeLeL
Ini seperti devinisi dari katalain dari (tidak tau lagi)

  Hai .... itu hanya seberapa yg gue tau, tapi ada yang tau jika kami (orang minang - khususnya pariaman) memiliki cara yg unik untuk menyinggung seseorang  ? Tapi gue gak bakalan ngasih tau contohnya, mungkin di antara kalian yg lagi baca memiliki teman dekat asal Pariaman Sumatera Barat bakalan tau seperti apa.

  Oke, gue mau langsung ajanih, sebenarnya gue mau ceritain tentang salah satu RAPer kebanggaang Sumatera Barat, sebenarnya sih bukan rap doang yg doi bisa, ngeJazz, ngeRock sampai ngeDangdut doi bisa, kekurangan nya cuma satu, LAWAK (lucu)

Oke gue langsung aja nih kasi penampakannya !

BAKEH CEWEK (Mantan) 
Udah dengar bukan ? Ini kayaknya Ajo Buset belum bisa move-on dari sang mantan. Kesian yaaaaa (pukpuk) *Wan cu tri por*


LAGU HODE (Waria)

  Kalian tau apa yg lucu dari lagu ini ? Ketika 3 banci menyanyikan pencitra'an, *heyelakaba'akholay* (waduh bagai mana lagi ini ?)  "Cukuaaaa sunguik .... Cukuaaaaa jangguik( Cukur kumis ... Cukur janggut)"


Pantai Gondaria (Nama Pantai di Pariaman)
  rege ala Ajo Buset emang keren :D  Apa yg lucu ? yg ada ini keren. ini gue yg paling suka "Di sinan den di lahiakan. Di sinan den di gadangan. Tampek denai bamain, basamo kawan-kawan (Di sana gue di lahirin. Di sana gue di besarin. tempat permainan gue, sama teman² gue)"

JARAWEK (Jerawat)

Di sini Ajo Buset curhat sama cermin agar doi bisa melihat jerawatnya sambil berbicara pada jerawat "Oii weeek, alah lah tu, den ka baralek gai. Di minum Teh talua.. eh tumbuah. Ndak di minum teh talua utak kandua ( Wou Jerawat, sudah lah.. gue mau merried nih. Gue minum Teh Telor lu tumbuh. Kalau gak gue minum, otak gue kendor)"  FAKS YEACH !! Jerawat emang ngeselin

Dewi Duo (Dewi Dua)

  Ini dia versi galau nyeee. Muahahahah, gue rasa bagi lu yg gak tau artinya lu bakalan ketawa² gaje, seperti orang kebingungan. Sama kayak gue ngeliat lelucon di televisi, namun menggunakan bahasa Inggris. Ah sudahlah, malah curhat gue. "Wiii ... takatan waktu pacaran ? Kama ajo pai ewi turuii'an... Kini bantuak urang ndak ajan. Adiak lah basilanteh angan ( Wii ... ingat gk lu pas kita pacaran ? Kemana gue pergi lu ikutin. Sekarang lu udah kayak gak sayang. Adek udah gak bisa ngehargai)"  Jujur, banyak kok cewek² gue temuin yg kayak gini, ketika lagi pacaran, manjanya ngalahin kelinci peliharaan. Pas udah merried, kayak induk macan, You Know ? udah seenaknya ngatur² suami, padahal itu di larang. Tapi tunggu .... "Jan manjawek juo lai !! den lampang kau beko lai, | Lampang lah ! Anak ajo di Dalam (Jangan menjawab juga lagi !! Gue tabok, nantik | tabok lah ! Anak abang di dalam)" Owhh, ternyata si adik (isteri-nya Ajo Buset) lagi ngidam anaknya Ajo Buset ...... 


BONUS 

 Pariaman IDOL

FYI : Rossa bahasa minangnya Si Royh !!! 


Sekian Terimakasi 

Sumber : YouTube

Pengikut BEGO-BLOG