16 Agustus 2012

Berharap Untuk Indonesia

SATU TUHAN KITA SATU BAHASA KITA
Setiap manusia ada Tuhan dan Tuhan di setiap manusia harus SATU ! 
Bagitu juga dengan bahasa


Dalam bahasa yg konsisten kita harus menjaga bahasa kita sendiri ! dalam bahasa kita yg satu, banyak terdapaat bahasa bahasa daerah yg belum bisa kita hafalkan seluruhnya (bahasa daerah)  

Haii guys berhubung ini adalah hari kemerdekaan, gue mau curahat sedikit nih soal harapan gue tentang bahasa kita yg sudah di campur adukan sehingga tak menjadi konsisten lagi. Harapannya sih agar bahasa kita (Bahasa Indonesia) bisa menjadi bahasa yg sering di gunakan di dalam maupun di luar negri, iya gue mau bahasa kita menjadi bahasa Internasional (oke gue lagi menghayal* tapi kenapa tidak ? toh menurut gue bahasa kita memiliki suku kata yg benar dan jelas ketimbang banyak bahasa lain, contoh bahasa Internasional sekarang (Bahasa Ingris) kenapa gue bilang Bahasa Inggris itu memiliki suku kata yg salah ? Contoh kata : I'm a big big girl di baca ima big big ge;rl ( E lemah) kenapa coba ? yg gue tau di dalam ejaan inggris itu I di baca Ai, sedangkan di girl, I di baca E lemah, oke mungkin gue salah dalam penafsiran, karena selain gue gk ngerti bahasa inggris, gue juga ingin membenarkan bahasa indonesia oke walau di dalam I'm a itu di baca ima seperti lafas arab yg menyambungkan 2 kata menjadi 1, Contoh lain, good god dan boat, di baca gud gad dan but, setau gue ni ya, dalam ejaannya O itu tetep di baca O kenapa dalam kasus ini menjadi banyak ??


Oke gue gk mau banyak lagi cerita tentang bahasa orang lain, mungkin emang gue yg gk paham, akan pemahaman bodoh gue, tapi apasalah nya gue ingin memperjuangkan bahasa tanah kelahiran gue, kenpa bahasa kami bisa menjadi berganti2 dan banyak di campurkan oleh bahasa bahasa lain contoh





Bahasa indonesia sering di campurkan dengan bahasa asing lainnya : 

Contoh : Sorry ya aku tadi gk datang !
dalam kasus ini ada kata 'sorry' kalian pasti tau kalau ini bahasa yg paling sering di gunakan dalam bahasa sehari2, dan bahasa ini bukan bahasa kita ! bukannya lebih dingin kalau kita bilangnya kayak gini : Maaf ya .....blabla, kan kelihatan lebih sopan, iya gk ? Contoh lain, bg ini ayamnya berapaan ya ? | goceng dek, aduuh itu kan bukan bahasa kita bg kenapa di sebut, biar kelihatan gaul ya ? ga mamen itu malah membuat bahasa kita menjadi bahasa peniru !


Bahasa indonesia sering di singkat singkat

Waah ini contohnya banyak banget, ! lucu malah kalau gue tulis satu-satu tapi ini gue beri contoh : Bray, lu udh mkn blum, kalw udh langsung kermh we y ! gilak ini penulisan salah yg sudah di anggap benar tau, gue heran dari mana ini penulisan muncul, kalau gk salah awal penulisan ini ada di zaman HP pada mudah di dapat lah, bukannya gk setuju, tapi  apa salahnya kita sedikit menghargai bahasa yg pernah di perjuangkan ini ? adanya juga contoh lainnya seperti : eh gue berangkat dulu ya ? | iyaa titi DJ ya (hati hati di jalan), hahah ini lucu abis, apa coba bahasa bagus bagus pakai di singkat singkat

Bahasa indonesia sering berubah ubah ( Alay -anak layangan )

apa coba dengan bahasa ini, ini bahasa yg paling gue gk ngerti letak bagisnya Contoh : AkOeh IniEch An@k G4wL, apa coba dengan penulisan ini ? jujur sih gue gk munafik soal kesalahan kesalahan penggunaan bahsa yg jelas jelas salah, tapi apa kita harus terjerumus terus dalam kesalah kesalahan ini ? apa kita harus berada di dalam kesalahan ? ingat ya guys, bahasa kita tak akan di hargai, kalau kita tak mau berusaha menjaga dan menghargai bahasa kita sendiri


   Taukah kalian kalau bahsa indonesia ini adalah basa sempurna kata ? jika tak merasa coba lagi rasakan ! ayolah ! kalau bukan kita siapa lagi yg bisa menjaga bahasa kita, ingat loh kita udah 67 tahun merdeka, tapi sejatinya belum ada kemerdekaan yg kita dapat, salah satu contohnya rusaknya bahasa bahsa indah indonesia, kenapa coba kita harus menggunakan bahasa orang lain sedangkan bahasa kita sendiri masi ada, bahkan banyak ! indonesia itu bukan memiliki 1 bahasa lho, bahkan di stiap daerah memiliki bahasa, jadi kenapa kita harus menggunakan bahasa negara lain ? ni ya, di kampung gue aja Sumatera Barat ada banyak jenis bahasa, misal Padang, Bukit Tinggi, Payakumbuh, Pariaman saja memiliki bahasa mereka masing masing, bahkan di Pekanbaru saja memiliki jenis bahasa minang yg lain pula, kebanyakan kalau orang pekanbaru menggunakan bahsa campuran antara indonesia minang ( INDOMI ) contoh : Do buku kau aku pinam dulu ya, bisuak den baliak an yo , haha lucu memang tapi ini lah bahasa kami kebanyakan di sini


Jadikan Bahasa yg Baik Untuk Negara yg Baik Itu di Mulai Dari Rakyatnya Sendiri

Pengikut BEGO-BLOG